Minggu, 30 Desember 2012

Tulisan Tentang Ekonomi 16 "Akuntansi Manajemen Sektor Publik"


AKUNTANSI MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK
pengertian akuntansi manajemen        
       menurut Chartered Institute of Management Accountant (1994:30) yaitu: Penyatuan bagian manajemen yg mencakup, penyajian & penafsiran informasi yg digunakan ukt perumusan strategi, aktivitas perencanaan & pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kpd pemilik & pihak luar, pengungkapan kpd pekerja, pengamanan asset.
     Akuntansi sektor publik pada dasarnya dipengaruhi perkembangan pemikiran manajemen. Perkembangan pemikiran ini tdk terlepas dari knowledge management. Knowledge management ini sendiri memengaruhi peran daripada akuntansi manajemen.
Pada dasarnya, akuntansi manajemen ini lbh didasari oleh praktik:
1. Factory Accounting.
2. Budgeting.
3. Cost Accounting.
Proses akuntansi manajemen dapat dikembangkan dgn berbagai metode, antara lain:
1. Menyampaikan informasi secara cepat & tepat merupakan teknik penyaringan informasi yg relevan.
2. Pendelegasian kuasa kpd tenaga kerja merupakan teknik pengembangan kekuatan tim melalui pemberian kepercayaan.
3. Flatening struktur manajemen merupakan proses penyederhanaan struktur.
4. Menggunakan cross fungsional team merupakan proses saling isi menurut keahlian & kekuatan antara tim yg terlibat.
Peran utama akuntansi manajemen dalam organisasi sektor pulik
     adalah memberikan informasi akuntansi yg relevan & handal kpd manajer ukt melaksanakan fungsi perencanaan & pengendalian organisasi. Tuntutan mengenai perlunya pengendalian atas berbagai kegiatan pemerintah, khususnya yg berimplikasi uang, dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal ini terjadi akibat praktik KKN di waktu yg lalu tdk saja telah mengakibatkan berkurangnya percepatan pembangunan, melainkan juga telah menimbulkan kesenjangan baik antara wilayah, sektor & golongan serta merugikan khususnya bagi lapisan masyarakat bawah.
     Peran fundamental akuntansi manajemen di organisasi sektor publik adl membantu manajer/pimpinan dgn informasi akuntansi yg dibutuhkan agar fungsi perencanaan & pengendalian dpt dilakukan. Secara rinci, tujuan umum tersebut dpt diturunkan menjadi:
1. Membantu manajemen dalam proses perencanaan organisasi.
2. Membantu manajemen dalam mengendalikan operasi/kegiatan organisasi.
3. Membantu manajemen memformulasi kebijakan organisasi.

Nama : Adisti Pamula Siwi
Kelas : 3 EB 20
NPM : 20210173

Tidak ada komentar:

Posting Komentar