Jenis
Pemasaran Produk Asuransi
Pemasaran produk asuransi / insurance
product sangat beragam jika dilihat pada profit perusahaannya. Koorporasi
asuransi ada yang dari dalam negeri maupun dari luar. Dan didalam negeri
misalnya asuransi Bumi Putra, asuransi Jiwa Seraya, asuransi Wahana Tata,
asuransi Prudensial, asuransi Jasindo, asuransi Bhakti Bhayangkara, serta
berbagai asuransi yang didirikan oleh bank- bank lokal. Asuransi / insurance
yang didirikan oleh bank-bank lokal adalah cara untuk menghimpun dana lokal
selain dari perbankan. Kemudian ada lagi asuransi yang berasal dari luar negeri
misalnya Manulife, Chartered Insurer, Mitsui Sumitomo, Tokio Marine, serta
lainnya.
Produk asuransi / insurance product
yang ditawarkan juga beragam misalnya saja asuransi pendidikan, asuransi jiwa,
asuransi kecelakaan, asuransi cacat tetap total, asuransi RS dan pembedahan,
asuransi rawat jalan, asuransi perawatan gigi, asuransi kaca mata, asuransi
melahirkan, asuransi kerugian, serta asuransi lainnya. Setiap asuransi yang
ditawarkan tersebut memiliki benefit dan keunggulan masing-masing. Nah, untuk
itu dalam menawarkannya tentunya memerlukan seorang pemasar yang dapat
mengomunikasikan jenis masing-masing asuransi. Saat ini semakin banyak orang
yang sadar akan perlindungan terhadap risiko yang mungkin akan terjadi di masa
mendatang. Pemasar setiap perusahaan asuransi juga beragam. Ada yang
menggunakan pemasar sebagai karyawan tetap, tetapi ada juga yang menggunakan
pemasar free land. Artinya, pemasar-pemasar yang direkrut adalah orang-orang
yang bekerja secara part time. Mekanismenya perusahaan asuransi membentuk
keagenan di mana para agen akan merekrut anak buah sebagai pemasar free land.
Strategi pemberdayaan pemasar akan berlainan setiap perusahaan asuransi /
insurance company, semua itu bergantung pada strategi pemberdayaan SDM
yang digunakan.
Beberapa pemasar memilih sebagai tenaga
free land untuk menambah penghasilan dibanding menjadi karyawan tetap. Oleh
sebab itu tidak jarang yang memasarkan asuransi tersebut dari berbagai profesi,
misalnya dari para guru, PNS, pegawai swasta maupun ibu rumah tangga, semua
mendapat kesempatan dalam mengembangkan dan menjual polis asuransi / polish
insurance.
Untuk mendapatkan skill yang memadai
tak jarang para pemasar akan mendapatkan training mengenai materi asuransi
maupun skill dalam memasarkan asuransi. Kalau anda seorang mahasiswa sebenarnya
mengikuti organisasi asuransi akan menguntungkan untuk pembelajaran dan jika
ingin serius maka bisa diteruskan. Dari training-training akan didapat
pengetahuan dan skill yang cukup memadai. Saya kira pemasaran produk asuransi
akan menarik, sebab penghasilan yang didapat sungguh luar biasa jika mau dengan
serius. Di Indonesia ada satu wanita yang menjadi the best dan mendapatkan
penghasilan luar biasa setiap tahunnya karena berjualan produk-produk
asuransi, belum lagi perjalanan ke luar negeri sebagai bonus keberhasilannya.
Pustaka: Getting Rich as a Marketer
Oleh Frans M. Royan
Nama :
Adisti Pamula Siwi
Kelas : 3 EB
20
NPM :
20210173
Tidak ada komentar:
Posting Komentar