Sabtu, 09 Oktober 2010

Tugas Resume Pengantar Bisnis( Bab 2)

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
Istilah tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh sosial di samping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusan.Berlaku pada semua perusahaan tanpa memandang besar,lokasi,atau industrinya,dan mencakup hal seperti bidang kesehatan,iformasi konsumen,praktek tanpa diskriminasi,dan pemeliharaan lingkungan fisik.
A. Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapt diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasimaupun kegiatannya.Sedangkan lingkungan secara luas mencangkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu,perusahaan dan masyarakat.Faktor yang mempengaruhi perusahaan adalah luas dan banyak ragamnya,termasuk aspek ekonomi,politik sosial,etika-hukum dan sebagainya.
 Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan,menyangkut penyelewengan pajak,penyelundupan barang,penyogokan kepada pejabat pemerintah,dan sebagainya.Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi,moral,etika,dan politik,tetapi menyangkut lingkungan fisik.
 Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan,perusahaan harus tidak menciptakan masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat(humas) yang efektif.Saran dari pemerintah dan masyarakat harus diperhatikan,dan menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaandengan pemerintah dan masyarakat.
LINGKUNGAN FISIK,ENERGI DAN KONVERVASI
Masalah ekonomi dan sosial,salahsatu yangsangat sulit diatasidan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.
A. Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang memperlajari hubungan antaramanusia dengan lingkungan.
Ada 3 Faktor Kualitas Lingkungan Menurun :
1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk.
2. Perkembangan teknologi baru.
3. Semakin meningkat kemakmuran ekonomi.
Tujuan ekologis memang sangat penting.Tetapi, persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan tersebut dengan tujuan sosial dan tujuan ekonominya.
B. Macam-macam polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan berkeja.Jenis polusi bagi ancaman lingkungan sehat.
 Pencernaan Udara
Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon per hari.Jumlah ini merupakan enam kali dari jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi secara normal.Polusi udara menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan.
 Pencemaran Air
Kasus pencemaran air berasal dari, lingkungan industri,permukiman,dan lingkungan pertanian.Seperti penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat yang besar dapat menyebabkan polusi air baik dipermukaan maupun bawah tanah.
 Pencemaran Sampah Awet
Di dunia ada tiga macam tempat pembuangan sampah,yaitu bumi,air,dan angkasa.Polusi sampah awet,yaitu para gelandangan mencari kaleng,botol,dan sebagainya yang mendapatkan hasil dengan menjualnya kepabrik pegolahan.
C. Energi dan Konservasi
Di indonesia energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bar dan air,kemudian muncul gas alam yang juga dihasilkan di dalam negeri.sebagian besar penggunaan energi di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas.Setelah terjadi embargo minyak dunia tahun 1973,harga minyak terus meningkat dan orang mulai memikirkan cara penghematan dan konservasi energi.
LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PEPAJAKAN
A. Alasan-alasan Bagi Meningkatnya pengeluaran Pemerintah
Alasan pemerintah untuk menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin menigkat.Menigkatnya suatu pengeluaran pemerintah merupakan suatu tendesi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.
B. Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluran pemerintah lebih besar dari penghasilan maka akan terjadi defisit.Jumlah uang yang dipinjam dengan cara meminjam bank disebut utang negara.Ada beberapa macam pajak yang dikenakan pemerintah,antara lain:
1) Pajak Tidak Langsung
Pajak ini dikenakan atas barang seperti,rokok,tembakau,dan sebagainya.Besar pajak ini ditambah pada harga barang tersebut pada saat dijual kepada masyarakat.Pajak tersebut dinamakan pajak penjualan(PPn).
2) Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayaran pajak.Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari:
 Penerimaan dalam negeri.
 Penerimaan Pembangunan.
 Pengeluaran rutin.
 Pengeluaran pembangunan.
LINGKUNGAN HUKUM
Hukum di Indonesia dapat dikelompokan kedalam 2 kelompok::
1. Hukum Publik,mengatur masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum(seseorang,sekelompok orang,masyarakat, dan negara).aturan yang dapat dimasukan sebagai hukum publik antara lain:hukum tata negara,hukum tata usaha,dan hukum pidana.
2. Hukum Privat,merupakan hukum yang mengatur tentang hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan sekelompok dalam masyarakat.Termasuk hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.
LINGKUNGAN PEMERINTAH
A. Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan berupa perlindungan atas kekayaan,pengadaan kontrak,dan pemberian paten.Pemerintah juga membantu perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja,bantuan ini sering disebut subsidi.
1. Bantuan di Bidang Transportasi
Tidak sedikit bantuan pemerintah di bidang transportasi.Hampir setiap sektor pengangkutan,pemerintah banyak memegang peranan,misalnya sektor perkereta-apian.
2. Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
Bantuan pada perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan,yaitu:
 Bantuan finalsial.
 Bantuan pemberian kontrak,serta
 Bantuan teknik dan manajemen.
Bantuan semacam ini diwujudkan dalam bentuk kredit(Kredit Investasi Kecil,Kredit Modal Permanen,dan Keridit candak kulak).
3. Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi meliputi kegiatan siaran radio,televisi,telepon dan sebagainya hampir selurunya dikuasai dan diatur oleh pemerintah.Komunikasi ini juga didukung dengan usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit.
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan Internasional merupakan suatu konsep keseluruhan yang luasmeliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.Keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah internasional.
A. Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa negara ditunjukkan dalam neraca pembayarannya.Neraca pembayaran menggambarkan transaksi internasional,yaitu jumlah utang negara X kepada negara Y dan jumlah utang dari negara Y kepada negara X.Konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.
Teori ekonomi tradisional menitik beratkan pada suatu pendapat tentang keunggulan komparatif yang memungkinkan daerah produsen bahan mentah,modal,keahlian,mempunyai kesempatan untuk berbuat lebih baik.
B. Perusahaan-perusahaan Multinasional(Multinational Corporation)
Perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari negara eropa,amerika dan jepang.Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa negara,misalnya perusahaan mobil volkswagen/VW dari jerman.
C. Kegiatan-kegiatan Multinational
Perusahan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu negara saja,tetapi juga ke negara lain.kemudian mendirikan perusahaan perakitan/assembling di negara kedua untuk melayani kebutuhannya di samping negara ketiga yang ada disekitarnya.
D. Ciri-ciri Perusahaan Multinasoinal
PBB dalam laporan tahun 1973 mendefinisikan perusahaan multinasional sebagai suatu yang kegiatan pokonya meliputi usahapengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara.
Dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanama modal asing lansung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan.
E. Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
Berikut diuraikan kebaikan dan keburukan didirikan perusahaan multinasional bagi negara pengundang,terutama negara sedang berkenbang.
1) Kebaikan Perusahaan Multinasional:
• Menambah defisa negara melalu penanaman modaldi bidang ekspor.
• Mengurangi pengurangan devisa untuk impordi sektor industri.
• Memodernisirindustri.
• Ikut mendukung pembangunan nasional,dan sebagainya.
2) Keburukan perusahaan Multinasional:
• Makin banyak perusahaan multinasional yang didirikandapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara,tetapi jika jumlahnya sedikit,maka artinyakuantitafnya tidak banyak.
• Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara,dan sebagainya
F. Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
Untuk menjual barang ke luar negeri atau menimpor barang dari luar negeri,sering diperlukan adanya lembaga perantara.perantara ini disebut middlemem,dibedakan kedalam empat golongan:
1) Export and Import Commission House,merupakan wakil-wakil dari pembeli.Export Commission menerima pesanan dari pembeli dari luar negeri,kemudian memenuhi pesanan dan menyelesaikan masalah pengeksporan,serta menerima komisi atasdasar nilai barang yang diekspor.Sedangkat Import Commission House melakukan hal yang serupa bagi pembeli di dalam negeri.
2) Merchant Exporters and Importers,memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan,jadi bukanya komisi.Mereka membeli barang dalam negeri dan menjual kembali ke luar negeri,atau membeli barang dari luar negeri dan menjual kembali di dalam negeri.
3) Manufacture’s Export Agents,bertindak sebagai departemen/bagian sebuah perusahaan/produsen atau sekelompok perusahaan.Hubungan mereka dengan perusahaan biasa bersifat permanen dan ditetapkan dengan suatu kontrak.
4) Export and Import Brokers,kegiatan ekspor-impor berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersa-sama.
G. Perkembangan Impor dan ekspor Indonesia
Pada dasarnya barang yang diekspordapat digolongkan kedalam dua kelompok,yakni barang-barang selain migasdan migas(minyak dan gas bumi).
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokan menjadi:
a) Golongan Barang Utama,terdiri:kayu,karet,timah,minyak kelapa sawit,dan sebagainya.
b) Golongan barang lain,terdiri:Hewan berserta hasilnya,lada bungkil kopra,kopra,bahan makanan,dan sebagainya.
Impor yang dilakukan Indonesia selama ini meliputu tiga macam golongan barang,yakni:
a) Barang Konsumsi,terdiri:Beras,tepung terigu,tekstil,dan lain sebagainya.
b) Bahan Baku dan penolong,terdiri:cengkeh,bahan kimia,hasil dan preparat kimia,bahan cat,pupuk,dan lain sebagainya.
c) Barang modal,terdiri:mesin-mesin,generator listrik,alat telekomunikasi,dan lain sebagainya.
Nama :adisti pamula siwi
Kelas :1EB17
NPM :20210173

Tidak ada komentar:

Posting Komentar